No image available for this title

Skripsi

Pengaruh audit tenure, ukuran KAP, struktur corporate governance, dan spesialisasi industri audit terhadap integritas laporan keuangan (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2012)



Pembimbing : Amin Wijaya Tunggal
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh audit tenure, ukuran KAP, struktur corporate governance (kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit, komisaris independen) dan spesialisasi industri audit terhadap integritas laporan keuangan pada perusahaan manufaktur di indonesia. Integritas laporan keuangan didefinisikan sebagai sejauh mana laporan keuangan yang disajikan menunjukkan informasi yang benar dan jujur. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah audit tenure, ukuran KAP, struktur corporate governance yang dianalisis dengan kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit, komisaris independen, dan spesialisasi industri audit. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah integritas laporan keuangan, pada tahun pengamatan dari 2009-2012.
Dalam penelitian ini digunakan data sekunder. Sampel dalam penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode antara 2009-2012. Data yang dikumpulkan dengan metode purposive sampling. Terdapat 25 perusahaan yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif.

Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa variabel audit tenure tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa variabel ukuran KAP berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa variabel struktur corporate governance yang dianalisis dengan kepemilikan intitusional, komite audit, dan komisaris independen berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan, sedangkan variabel kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa variabel spesialisasi industi audit tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa variabel audit tenure, ukuran KAP, struktur corporate governance, dan spesialisasi industri audit berpengaruh secara simultan terhadap integritas laporan keuangan.

Kata kunci : Audit Tenure, Ukuran KAP, Struktur Corporate Governance, Spesialisasi Industri Audit, Integritas Laporan Keuangan.


Ketersediaan

2010031145SKR - AKT120 2014CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT120 2014
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
117 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2010031145
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya