No image available for this title

Skripsi

Pengaruh mekanisme corporate governance, dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI



Pembimbing : Septiatul Laela

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mekanisme corporate governance yang terdiri dari konsentrasi kepemilikan, komposisi komisaris independen dan komite audit serta ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Manajemen laba yang diukur dengan akrual diskretioner diestimasi dengan menggunakan model Jones.

Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010 dan 2012. Metode penentuan sampel menggunakan metode purposive random sampling yaitu: (1) perusahaan manufaktur, (2) terdaftar di BEI dan menerbitkan laporan keuangan tahunan 2010-2012, (3) memiliki tahun buku yang berakhir 31 Desember, dan diperoleh sampel 20 perusahaan.

Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda untuk menganalisis pengaruh mekanisme corporate governance yang terdiri dari konsentrasi kepemilikan manajerial, komposisi komisaris independen dan komite audit serta ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Proses analisis menggunakan bantuan program SPSS versi 17.00.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Konsentrasi kepemilikan tidak berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba, 2) Komposisi dewan komisaris dan komite audit berpengaruh positif signifikan terhadap Manajemen Laba, 3) Ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi dewan komisaris dan komite audit dalam perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai manajemen laba. Ini berarti dengan menggunakan mekanisme corporate governance tersebut perusahaan belum berhasil menekan praktek manajemen laba dalam perusahaannya.

Kata Kunci : Konsentrasi Kepemilikan, Komposisi Dewan Komisaris, Komite Audit, Ukuran Perusahaan dan Manajemen Laba


Ketersediaan

2008033009SKR - AKT 151 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 151 2013
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
81 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2008033009
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya