No image available for this title

Skripsi

Analisis pengaruh ukuran perusahaan, manajemen laba, dan profitabilitas terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di bei



Pembimbing : Laily Suryati
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ukuran perusahaan, manajemen laba, dan profitabilitas memiliki pengaruh terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Variabel independennya (X1) adalah ukuran perusahaan, (X2) manajemen laba, (X3) profitabilitas sedangkan variabel dependennya (Y) adalah kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Dengan ukuran perusahaan yang besar, manajmen laba yang baik, dan profitabilitas yang baik maka diharapkan memenuhi kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Penelitian ini diharapkan dapat membantu pengguna laporan keuangan mengetahui kandungan informasi yang terdapat dalam laporan keuangan sehingga berguna bagi pengambilan keputusan.

Penelitian dilakukan terhadap 20 perusahaan manufaktur dan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2008-2012. Penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan SPSS 17.0. Hasil penelitian diperoleh bahwa hubungan ukuran perusahaan dengan kelengkapan pengungkapan laporan keuangan mempunyai hubungan yang sedang dengan truing 3,120 > ttabel (1,984). Artinya jika ukuran perusahaan meningkat maka kelengkapan pengungkapan laporan keuangan juga meningkat. Hubungan manajemen laba dengan kelengkapan pengungkapan laporan keuangan mempunyai hubungan yang sedang dengan truing 3,650 > ttabel (1,984). Artinya jika manajemen laba meningkat maka kelengkapan pengungkapan laporan keuangan juga meningkat. .Hubungan profitabilitas dengan kelengkapan pengungkapan laporan keuangan mempunyai hubungan yang sedang dengan truing 2,479 > ttabel (1,984). Artinya jika profitabilitas meningkat maka kelengkapan pengungkapan laporan keuangan juga meningkat.

Keterbatasan penulis dalam pengumpulan data ukuran perusahaan, manajemen laba dan profitabilitas dengan jumlah data observasi yang diambil yaitu hanya dengan membandingkan laporan keuangan per tahun untuk periode 2008 – 2012. Pada perusahaan manufaktur, jasa, dan makanan yang terdaftar di BEI, karena keterbatasan penulis dalam mengumpulkan data karena waktu kunjungan sangat terbatas.

Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Manajemen Laba, Profitabilitas, Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan.


Ketersediaan

2010031058SKR AKT 101 2014CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR AKT 101 2014
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
114 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2010031058
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya