No image available for this title

Skripsi

Pengaruh good corporate governance (gcg) dan kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan (studi empiris pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2010-2012)



Pembimbing : Soeprijadi
Abstrak
Penelitian ini meneliti pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2012. Penelitian ini menggunakan variabel Independen berupa Kepemilikan Manajerial (X1), Kepemilikan Institusional (X2), Dewan Komisaris Independen (X3), Jumlah Komite Audit (X4), dan Return On Equity (X5). Sedangkan variabel Dependen Tobin’s Q (Y).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara Good Corporate Governance (Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Independen dan Jumlah Komite Audit) dan Kinerja Keuangan (Return On Equity) terhadap Nilai Perusahaan (Tobin’s Q) baik secara simultan maupun parsial.

Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2012 berjumlah 45 perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling sehingga diperoleh sampel 35 perusahaan. Data penelitian menggunakan data sebanyak tiga tahun dari tahun 2010 sampai dengan 2012 sehingga diperoleh jumlah data (n) sebanyak 105 data.

Untuk analisis data, penulis menggunakan analisis regresi linear berganda, Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama kelima variabel bebas yang terdiri dari Kepemilikan Manajerial (X1), Kepemilikan Institusional (X2), Dewan Komisaris Independen (X3), Jumlah Komite Audit (X4), dan Return On Equity (X5) mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q). Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel Dewan Komisaris Independen (X3) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q) dan variabel Return On Equity (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q). Sedangkan ketiga variabel lainnya yaitu Kepemilikan Manajerial (X1), Kepemilikan Institusional (X2), dan Jumlah Komite Audit (X4) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q). Hasil pengujian koefisien determinasi menunjukkan variabel penelitian ini hanya mampu menjelaskan variasi nilai Tobin’s Q sebesar 13,5% sisanya sebesar 86,5% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel penelitian.

Kata kunci : Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Independen, Jumlah Komite Audit, Return On Equity dan Tobin’s Q.


Ketersediaan

2009031029SKR AKT 95 2014CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR AKT 95 2014
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
106 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009031029
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya