No image available for this title

Skripsi

Pengaruh kesadaran dan persepsi tentang sanksi, dan hasrat membayar pajak terhadap kepatuhan wajib pajak



Pembimbing : M Zainuri
Abstrak
Pendapatan dari sektor pajak merupakan faktor utama penerimaan negara yang dipergunakan untuk membiayai Anggaran Pendapatan Belanja Negara selain sektor minyak dan gas . Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran wajib pajak, persepsi sanksi pajak, hasrat membayar pajak dan kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah kesadaran wajib pajak, persepsi sanksi pajak dan hasrat membayar pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Variabel independen (X) dalam penelitian ini adalah kesadaran wajib pajak (X1), persepsi sanksi pajak (X2) dan kepatuhan wajib pajak (X3), sedangkan variabel dependennya adalah kepatuhan wajib pajak (Y). Pengambilan data yang diambil berupa data primer dari hasil pernyataan dalam kuisioner sebanyak 52, dari lima Kantor Pelayanan Pajak Pratama yang ada di Jakarta Timur yang dipilih dengan cara random sampling. Analisis data terdiri dari statistik deskriptif, uji kualitas data, uji normalitas data, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis yang terdiri dari uji F, uji t dan koefisien determinasi.

Hasil dari pengujian hipotesis pertama dengan perhitungan uji signifikansi regresi parsial kesadaran wajib pajak menunjukkan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil dari pengujian hipotesis kedua, persepsi sanksi pajak menunjukkan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil dari pengujian hipotesis ketiga, hasrat membayar pajak menunjukkan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil dari pengujian hipotesis keempat dengan perhitungan uji signifikansi regresi berganda menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak , persepsi sanksi pajak dan hasrat membayar pajak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan terhadap kepatuhan wajib pajak.

Dalam penelitian ini, peneliti hanya menguji empat variabel yang diduga berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dengan nilai adjusted R Square adalah sebesar 0,673. Kesadaran wajib pajak, persepsi sanksi pajak dan hasrat membayar pajak sebesar 67,3% dan sisanya 32,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : kesadaran wajib pajak, persepsi sanksi pajak, hasrat membayar pajak dan kepatuhan wajib pajak.


Ketersediaan

2010031057SKR AKT 92 2014CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR AKT 92 2014
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
81 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2010031057
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya