No image available for this title

Skripsi

Pengaruh efektifitas pemungutan pajak reklame dan kepatuhan wajib pajak untuk meningkatkan penerimaan pajak daerah jakarta pusat (studi empiris pada suku dinas pelayanan pajak jakarta pusat)



Pembimbing : Soeprijadi
Abstrak
Hal penting untuk pembangunan infrastruktur suatu daerah yaitu salah satunya melalui penerimaan pajak daerah. Salah satu jenis pajak daerah yang ada di DKI Jakarta adalah pajak reklame. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh serta bentuk hubungan antara efektifitas pemungutan pajak reklame dan kepatuhan wajib pajak untuk meningkatkan penerimaan pajak daerah Jakarta Pusat. Variabel independennya (X) adalah efektifitas pemungutan pajak reklame (X1) dan kepatuhan wajib pajak (X2), sedangkan variabel dependennya adalah meningkatkan penerimaan pajak daerah Jakarta Pusat (Y).

Pengambilan data yang diambil berupa data primer dari hasil pernyataan dalam kuisioner sebanyak N = 33, dari dua Suku Dinas Pelayanan Pajak yang ada di Jakarta Pusat yang dipilih dengan cara purposive sampling. Hasil dari pengujian hipotesis pertama dengan perhitungan uji signifikansi regresi parsial efektifitas pemungutan pajak reklame menunjukkan bahwa p value variabel X1 sebesar 0,002, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil dari pengujian hipotesis kedua dengan perhitungan uji sigifikansi regresi parsial kepatuhan wajib pajak menunjukkan bahwa p value variabel X2 sebesar 0,012, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi efektifitas pemungutan pajak reklame dan kepatuhan wajib pajak masing-masing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial dengan meningkatkan penerimaan pajak daerah Jakarta Pusat. Hasil dari pengujian hipotesis ketiga dengan perhitungan uji signifikansi regresi berganda menunjukkan bahwa nilai probabilitas signifikansi 0,004 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi antara efektifitas pemungutan pajak reklame dan kepatuhan wajib pajak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan dengan meningkatkan penerimaan pajak daerah Jakarta Pusat.

Dari penelitian ini hanya menguji dua variabel saja yang diduga berpengaruh dengan meningkatkan penerimaan pajak daerah Jakarta Pusat, Nilai R Square adalah sebesar 0,308, artinya bahwa Meningkatkan Penerimaan Pajak Daerah Jakarta Pusat dipengaruhi oleh efektifitas pemungutan pajak reklame dan kepatuhan wajib pajak sebesar 30,80%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Efektifitas Pemungutan Pajak Reklame, Kepatuhan Wajib Pajak, Meningkatkan Penerimaan Pajak Daerah Jakarta Pusat.


Ketersediaan

2010031077SKR AKT 91 2014CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR AKT 91 2014
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
130 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2010031077
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya