No image available for this title

Skripsi

Pengaruh kesadaran perpajakan, lingkungan dan sikap rasional wajib pajak orang pribadi terhadap pelaksanaan sistem self assessment



Pembimbing : M.Zainuri
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran perpajakan, lingkungan dan sikap rasional wajib pajak orang pribadi terhadap pelaksanaan sistem self assessment. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 75 wajib pajak orang pribadi yang bertugas sebagai teknis di Kantor Pelayanan Pajak Wilayah Jakarta Pusat. Variabel independen (X) dalam penelitian adalah kesadaran perpajakan, lingkungan, dan sikap rasional wajib pajak orang pribadi sedangkan yang menjadi variable dependen (Y) adalah pelaksanaan sistem self assessment. Dalam penelitian ini penulis menggunakan SPSS versi 17.0 sebagai alat bantu untuk melakukan uji deskriptif, kualitas data, uji asumsi klasik, uji analisis korelasi dan regresi, uji signifikansi, uji koefisien determinasi dengan taraf 5% (0,05) dan uji Anova.

Berdasarkan perhitungan uji t untuk variabel kesadaran perpajakan wajib pajak orang pribadi diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,512 > 2,001, ini berarti kesadaran perpajakan wajib pajak orang pribadi mempunyai pengaruh signifikan terhadap pelaksanaan sistem self assessment. Untuk perhitungan lingkungan wajib pajak orang pribadi diperoleh thitung < ttabel yaitu -0,669 < 2,001, ini berarti lingkungan wajib pajak orang pribadi tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap pelaksanaan sistem self assessment. Sedangkan perhitungan uji t untuk variabel sikap rasional wajib pajak orang pribadi diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,794 > 2,001, ini berarti sikap rasional wajib pajak orang pribadi mempunyai pengaruh signifikan terhadap pelaksanaan sistem self assessment.

Keterbatasan penelitian ini adalah ruang lingkup penelitian yang sempit dan variabel yang diteliti masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas ruang lingkup pengambilan data dan menambah jumlah sampel, serta menggunakan variabel lain agar hasil penelitian lebih akurat.

Kata kunci : Kesadaran perpajakan, lingkungan, sikap rasional dan sistem self assessment


Ketersediaan

2010031012SKR - AKT 74 2014CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 74 2014
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
119 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2010031012
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya