No image available for this title

Skripsi

Pengaruh financial leverage, umur perusahaan, return on equity terhadap tingkat underpricing saham (Studi empiris pada perusahaan ipo di bei tahun 2008-2013)



Pembimbing : Ali Munar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Financial Leverage, Umur Perusahaan, Return On Equity terhadap tingkat Underpricing saham pada perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif kalusal.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 132 perusahaan. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 80 perusahan go public di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2008-2013 dengan metode purposive random sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Prospektus perusahaan saat Initial Public Offering(IPO) serta laporan keuangan 2 tahun sebelum IPO. Pada penelitian ini penulis menggunakan program SPSS versi 17.00 sebagai alat bantu dalam melakukan uji normalitas data, uji asumsi klasik, deskriptif statistik, analisa regresi, signifikan regresi dan uji koefisien determinasi dengan taraf nyata 5% (0,05).

Hasil pengujian signifikan korelasi dan regresi dari variabel independen penelitian yang digunakan Financial Leverage, Umur Perusahaan, Return On Equity terhadap tingkat Underpricing saham baik secara parsial hanya umur perusahaan yang memiliki hubungan dan pengaruh signifikan dengan arah negatif yaitu ditunjukan dengan tingkat signifikan (0,047) < 0,05 sedangakan variabel Financial Leveraget idak berpengaruh terhadap underpricing yang ditunjukan dengan tingkat signifikansi (0,180) > 0,05, Return On Equity tidak memilki pengaruh signifikan dengan arah negatif yang ditunjukan dengan tingkat signifikan (0,466) > 0,05, sedangkan secara bersama-sama Financial Leverage, Umur Perusahaan, Return On Equity tidak memilki hubungan dan pengaruh terhadap tingkat Undepricing saham yang ditunjukan dengan tingkat signifikan (0,153) > 0,05

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dan masukan bagi pihak emiten, investor dalam mengambil keputusan.

Kata Kunci : Initial Public Offering,Financial Leverage, Umur Perusahaan, Return On Equity, Underpricing,


Ketersediaan

2009021035SKR - MNJ 35 2014CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - MNJ 35 2014
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
118 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009021035
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya