No image available for this title

Skripsi

Pengaruh perbedaan laporan keuangan akuntansi dengan laporan keuangan fiskal dan biaya usaha terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan manufaktur yang terdafter di bursa efek indonesia



Pembimbing : Lita Dharmayuni

Abstrak:
Penelitian ini berjudul "Pengaruh perbedaan laporan keuangan akuntansi dengan laporan keuangan fiskal” (boox tax differences) dan biaya usaha terhadap pertumbuhan laba perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010 - 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh perbedaan laba kena pajak menurut laporan keuangan akuntansi dengan laba kena pajak menurut laporan keuangan fiskal (boox tax differences) terhadap pertumbuhan laba dan pengaruh biaya usaha terhadap pertumbuhan laba. Variabel yang diuji dalam penelitian ini adalah perbedaan permanen dan perbedaan temporer yang merupakan komponen yang dapat menyebabkan perbedaan laba menurut lapoaran keuangan akuntansi dengan laporan keuangan fiskal berbeda. Pertumbuhan laba yang digunakan dihitung dengan mengurangkan laba periode berjalan dengan laba periode sebelumnya dan kemudian dibagi dengan laba periode sebelumnya.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010 - 2012. Data penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan tahun periode perusahaan manufaktur 2010-2012. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel memperoleh total 17 perusahaan. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan laba menurut laporan keuangan akuntansi dengan laba menurut laporan keuangan fiskal (boox tax differences) dan biaya usaha secara signifikan mempengaruhi pertumbuhan laba. Hal itu disebabkan oleh jumlah perbedaan permanen dan perbedaan temporer yang signifikan dalam mempengaruhi jumlah penghasilan kena pajak yang merupakan dasar pajak penghasilan saat ini akan berpengaruh pada pertumbuhan laba.

Kata kunci: Boox tax differences, Biaya usaha, Pertumbuhan Laba.


Ketersediaan

2011131011SKR-AKT 149 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 149 2013
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
75 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2011131011
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya