No image available for this title

Skripsi

Pengaruh karakteristik perusahaan dan manajemen laba terhadap luas pengungkapan sukarela dalam laporan tahunan (pada perusahaan manufaktur (consumer goods industry) yang terdaftar dibursa efek indonesia periode 2008-2012)



Pembimbing : Mahzumi
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik perusahaan dan manajemen laba terhadap luas pengungkapan sukarela dalam laporan tahunan perusahaan pada manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2008-2012. Variabel bebas diwakili oleh enam variabel yaitu ukuran perusahaan, rasio laverage, rasio profitabilitas, rasio likuiditas, proporsi kepemilikan saham, dan manajemen laba. Sedangkan yang menjadi variabel terikat adalah luas pengungkapan sukarela dalam laporan tahunan.

Data dari penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan manufaktur (goods consumer industry) yang diambil dari Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan manufaktur (goods consumer industry) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2008-2012 sebanyak 23 perusahaan. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan media berupa laporan tahunan perusahaan manufaktur. Alat analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda (Multiple Regression) dengan bantuan program komputer SPSS Versi 19.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, hanya variabel ukuran perusahaan dan rasio profitabilitas yang memiliki pengaruh positif terhadap luas pengungkapan sukarela dalam laporan tahunan, sedangkan variabel rasio laverage, rasio likuiditas, proporsi kepemilikan saham, dan manajemen laba tidak memiliki perngaruh positif terhadap luas pengungkapan sukarela dalam laporan tahunan.

Kata kunci: Ukuran Perusahaan, Rasio Leverage, Rasio Profitabilitas, Rasio Likuiditas, Proporsi Kepemilikan Saham, Mnajemen Laba, Pengungkapan Sukarela


Ketersediaan

2008033006SKR-AKT 61 2014CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 61 2014
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
124 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2008033006
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya