No image available for this title

Skripsi

Pengaruh ownership structure,size dan corporate governance terhadap earnings management pada perusahaan manufaktur yang terdaftar dibursa efek indonesia tahun 2011-2012



Pembimbing : Syahril Muchtar
Abstrak
Laporan keuangan merupakan cerminan dari suatu kondisi keuangan perusahaan sebab memuat informasi-informasi yang dibutuhkan oleh pihak eksternal yang berkepentingan terhadap perusahaan serta merupakan sarana pengkomunikasian informasi keuangan kepada pihak-pihak di luar perusahaan. Informasi laba merupakan perhatian utama untuk menaksir kinerja atau pertanggungjawaban manajemen. Selain itu informasi laba juga membantu pemilik atau pihak lain dalam menaksir earnings power perusahaan di masa yang akan datang. Adanya kecenderungan lebih memperhatikan laba ini disadari oleh manajemen, khususnya manajer yang kinerjanya diukur berdasarkan informasi laba tersebut, sehingga mendorong timbulnya perilaku menyimpang, yang salah satu bentuknya adalah manajemen laba.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari struktur kepemilikan, ukran perusahaan, dan tata kelola perusahaan terhadap manajemen laba, baik secara parsial maupun simultan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2011-2012 dengan jumlah 131 perusahaan, pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling kemudian didapatkan sampel sebanyak 20 perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan SPSS 19.00 for windows.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa dari enam hipotesis yang diajukan, hanya ada tiga hipotesis yang diterima. Hipotesis yang diterima yaitu hipotesis pertama, ketiga dan hipotesis keenam, sedang tiga hipotesis yang ditolak yaitu hipotesis kedua, keempat dan kelima. Simpulan dari penelitian ini secara simultan, struktur kepemilikan, ukuran perusahaan dan tata kelola perusahaan, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan secara parsial, hanya variabel kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan yang memiliki pengaruh signifikan terhadap manajemen laba.

Kata Kunci : Ownership Structure, Size, Corporate Governance Dan Earnings Manajemen.


Ketersediaan

2009031155SKR-AKT 57 2014CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 57 2014
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
116 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009031155
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya