No image available for this title

Skripsi

Pengaruh kinerja keuangan terhadap tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) studi empiris pada perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012



Pembimbing : Mahzumi

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pengungkapan tanggung jawab sosial (corporate social responsibility) dan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan terhadap corporate social responsibility. Dalam penelitian ini kinerja keuangan yang digunakan adalah return on equity (ROE), return on assets (ROA), dan growth of sales. Variabel independen dalam penelitian ini adalah return on equity (ROE), return on assets (ROA), dan growth of sales, sedangkan variabel dependennya adalah corporate social responsibility (CSR).

Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 39 perusahaan dengan perolehan sampel sebanyak 20 perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian tahun 2010-2012. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa variabel ROE berpengaruh signifikan terhadap CSR dengan hasil t hitung (1,903) > t tabel (1,673). Artinya jika return on equity (ROE) perusahaan naik maka pelaksanaan corporate social responsibility yang dilakukan perusahaan juga semakin naik.Sedangkan untuk variabel ROA dan growth of sales tidak memiliki pengaruh terhadap CSR. Berdasarkan uji simultan, diperoleh hasil Fhitung (4,147) > Ftabel (2,769), hasil ini menyatakan bahwa variabel ROE, ROA dan growth of sales, secara bersama-sama berpengaruh terhadap CSR.

Keterbatasan penulis dalam penelitian ini adalah hanya menggunakan tiga variabel independen, pengamatan dilakukan pada perusahaan sektor aneka industri, dan masih banyaknya perusahaan yang belum mengungkapkan pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaannya.

Kata Kunci : return on equity, return on assets growth of sales dan corporate social responsibility.


Ketersediaan

2008131056SKR - AKT 147 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 147 2013
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
89 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2008131056
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya