No image available for this title

Skripsi

Pengaruh resiko pasar, likuiditas dan value at risk terhadap return saham pada kelompok harga terendah di BEI



Pembimbing : Yuliza Rova

Abstrak:
Return saham merupakan hasil yang diperoleh dari investasi. Ada beberapa karateristik investasi yang mempengaruhi return saham, salahsatunyayaitu risiko, likuiditasdan value at risk. Konsep risiko tidak terlepas kaitannya dengan return. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh serta bentuk hubungan antara risiko pasar, likuiditas dan value at risk terhadap return saham pada kelompok harga terendah.

Dalam penelitian ini digunakan data sekunderdari fact book dan laporan keuangan tahunan yang telah diaudit dan telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebanyak N = 60, yang dipilih dengan cara stratified random sample. Hasil dari pengujian hipotesis pertama dengan perhitungan uji signifikansi regresi parsial risiko pasar menunjukkan bahwa p value variabel X1sebesar 0,000, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil dari pengujian hipotesisi kedua dengan perhitungan uji sigifikansi regresi parsial likuiditas menunjukkan bahwa p value variabel X2sebesar 0,001, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil dari pengujian hipotesisi ketiga dengan perhitungan uji sigifikansi regresi parsial value at risk menunjukkan bahwa p value variabel X3sebesar 0,000, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi risiko pasar dan value at risk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap return saham, sedangkan likuiditas memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap return saham. Hasil dari pengujian hipotesis keempat dengan perhitungan uji signifikansi regresi berganda menunjukkan bahwa nilai probabilitas 0,000 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi antara risiko pasar, likuiditas dan value at risk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan terhadap return saham.

Dari penelitian ini hanya menguji tiga variabel saja yang diduga berpengaruh terhadap penerimaan return saham, sehingga hanya dapat menjelaskan pengaruhnya sebesar 50.50%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Investasi, RisikoPasar, LikuiditasSaham, Value at Risk, Return


Ketersediaan

2009031015SKR-AKT 140 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 140 2013
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
104 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009031015
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya