No image available for this title

Skripsi

Pengaruh karakteristik sistem akuntansi manajemen terhadap kinerja manajerial dengan ketidakpastian lingkungan dan desentralisasi sebagai variabel moderating pada bank umum di jakarta



Pembimbing : Sri Kurniawati
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh karakteristik sistem akuntansi manajemen terhadap kinerja manajerial dengan ketidakpastian lingkungan dan desentralisasi sebagai variabel moderating. Variabel independen dalam penelitian ini adalah karakteristik sistem akuntansi manajemen (X1) dengan variabel moderatingnya adalah ketidakpastian lingkungan (X2) dan desentralisasi (X3), sedangkan variabel dependennya adalah kinerja manajerial (Y).

Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan survei kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Pemerintah dan Bank Umum Swasta Nasional Devisa yang berada di Jakarta. Kuesioner disampaikan kepada 80 manajer Bank Umum di Jakarta dengan jumlah kuesioner kembali sebanyak 68. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Moderating Regression Analysis (MRA).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan antara karakteristik sistem akuntansi manajemen terhadap kinerja manajerial. Sementara itu variabel moderating ketidakpastian lingkungan dan desentralisasi mampu memoderasi pengaruh karakteristik sistem akuntansi manajemen terhadap kinerja manajerial. Adapun pengaruh ketidakpastian lingkungan dan desentralisasi secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hubungan karakteristik sistem akuntansi manajemen dengan kinerja manajerial. dengan kontribusi Adjusted R Square sebesar 70,6%.

Kata Kunci : karakteristik sistem akuntansi manajemen, ketidakpastian lingkungan, desentralisasi, kinerja manajerial


Ketersediaan

2010031194SKR-AKT 51 2014CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 51 2014
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
130 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2010031194
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya