No image available for this title

Skripsi

Pengaruh kinerja lingkungan dan karakteristik perusahaan terhadap corporate social responsibility (CSR) disclosure (Pada perusahaan manufaktur yang go publik di bursa efek indonesia (BEI) periode 2009-2012)



Pembimbing : Reschiwati
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kinerja lingkungan dan karakteristik perusahaan terhadap corporate social responsibility (CSR) disclosure pada perusahaan manufaktur. Kinerja lingkungan perusahaan dalam penelitian ini diukur melali PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup). Karakteristik perusahaan yang digunakan antara lain ukuran perusahaan, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, profile, dan leverage. Variabel dependen pada peneletian ini adalah CSR disclosure.

Populasi dari penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang tercatat (go-public) di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2008-2010. Total sampel penelitian adalah sebanyak 52 perusahaan. Metode pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling. Dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif untuk analisis data, uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas regresi, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, uji hipotesis menggunakan uji koefisien korelasi berganda, uji statistik simultan, uji regresi parsial, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja lingkungan, ukuran perusahaan, profile, ukuran dewan komisaris, berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure. Sementara itu, profitabilitas, leverage tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure.

Keterbatasan dalam penelitian ini terdapatnya unsur subjektivitas dalam menentukan indeks pengungkapan hal ini dikarenakan tidak adanya ketentuan baku yang baku yang dapat dijadikan acuan, sehingga penentuan indeks untuk indicator dalam kategori yang sama dapat berbeda untuk setiap peneliti.

Kata Kunci: corporate social responsibility (CSR), kinerja lingkungan, karakteristik perusahaan, size, profile, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, leverage


Ketersediaan

2009031099SKR-AKT 47 2014CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 47 2014
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
203 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009031099
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya