No image available for this title

Skripsi

Pengaruh independensi auditor dan struktur corporate governance terhadap integritas laporan keuangan pada perusahaan manufaktur (studi empiris pada perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia)



Pembimbing : Sri Kurniawati
Abstrak
Dalam penelitian ini yang diteliti adalah pengaruh independensi auditor dan struktur corporate governance yang diproksikan dengan tiga dimensi yaitu kepemilikkan institusional, komite audit dan komisaris independen terhadap integritas laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel independennya (X) adalah independensi auditor dan struktur corporate governance dan variabel dependennya (Y) adalah integritas laporan keuangan.

Dalam penelitian ini digunakan data sekunder. Sampel penelitian ini adalah perusahaan sektor barang konsumsi tahun 2008-2012 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 20 perusahaan yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Hasil dari pengujian hipotesis pertama menyatakan bahwa variabel Independensi Auditor (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap integritas laporan keuangan (Y). Hasil dari pengujian hipotesis kedua menyatakan bahwa variabel Kepemilikkan Institusional (X2) tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan (Y), namun demikian arah hubungan variabel tersebut positif. Hasil dari pengujian hipotesis ketiga menyatakan bahwa variabel Komite Audit (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap integritas laporan keuangan (Y). Hasil dari pengujian hipotesis keempat menyatakan bahwa variabel komisaris independen (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap integritas laporan keuangan (Y). Hasil dari pengujian hipotesis kelima menyatakan bahwa independensi auditor dan struktur corporate governance berpengaruh signifikan secara simultan terhadap integritas laporan keuangan.

Dari penelitian ini hanya menguji empat variabel saja yang diduga berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan, sehingga hanya dapat menjelaskan pengaruhnya sebesar 17,9%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci : Independensi Auditor, Struktur Corporate Governance, Kepemilikkan Institusional, Komite Audit, Komisaris Independen, Integritas Laporan Keuangan.


Ketersediaan

2010031018SKR - AKT 45 2014CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 45 2014
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
107 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2010031018
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya