No image available for this title

Skripsi

Pengaruh komitmen organisasi dan pengetahuan manajer terhadap keberhasilan penerapan sistem informasi akuntansi (pada perusaaan perbankan umum di Jakarta Pusat)



Pembimbing : Sri Kurniawati

Abstrak:
Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh antara komitmen organisasi dan pengetahuan manajer.Variabel independen dalam penelitian ini adalah komitmen organisasi (X1), pengetahuan manajer (X2), dan variabel dependen dalam penelitian ini adalah keberhasilan penerapan sistem informasi akuntansi (Y).

Dalam penelitian ini digunakan data primer dari hasil pernyataan dalam kuisioner sebanyak N = 45 Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang ada di wilayah Jakarta pusat, yang dipilih dengan cara purposive sampling. Hasil dari pengujian hipotesis pertama dengan perhitungan uji signifikansi regresi parsial komitmen organisasi menunjukkan bahwa p value variabel X1 sebesar 0,010, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil dari pengujian hipotesisi kedua dengan perhitungan uji sigifikansi regresi parsial pengetahuan manajer menunjukkan bahwa p value variabel X2 sebesar 0,000, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi komitmen organisasi dan pengetahuan manajer memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap keberhasilan penerapan sistem informasi akuntansi. Hasil dari pengujian hipotesis ketiga dengan perhitungan uji signifikansi regresi berganda menunjukkan bahwa nilai probabilitas 0,034 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi antara komitmen organisasi dan pengetahuan manajer memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan terhadap keberhasilan penerapan sistem informasi akuntansi.

Dari penelitian ini hanya menguji dua variabel saja yang diduga berpengaruh terhadap keberhasilan penerapan sistem informasi akuntansi, sehingga hanya dapat menjelaskan pengaruhnya sebesar 57%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Komitmen Organisasi, Pengetahuan Manajer, Keberhasilan Penerapan Sistem Informasi Akuntansi.


Ketersediaan

2009032012SKR - SIA 20 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - SIA 20 2013
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
104 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009032012
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya