No image available for this title

Skripsi

Pengaruh BI Rate dan Inflasi terhadap tingkat suku bunga deposito pada bank persero di Indonesia



Pembimbing : Hasly Ilyas
Abstrak
Dalam skripsi ini yang diteliti adalah pengaruh BI Rate dan inflasi terhadap tingkat suku bunga deposito pada Bank Persero di Indonesia. Dalam penelitian ini terdapat 3 variabel, yaitu BI Rate sebagai variabel independen (X1), inflasi sebagai variabel independen (X2) dan tingkat suku bunga deposito sebagai variabel dependen (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh BI Rate dan inflasi terhadap tingkat suku bunga deposito.

Dalam penelitian ini menggunakan data observasi sebanyak n = 72 pada Bank Persero di Indonesia. Hasil analisis BI Rate terhadap tingkat suku bunga deposito menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan dari thitung sebesar 8,138 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,994 maka dapat kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis inflasi terhadap tingkat suku bunga deposito terdapat pengaruh positif signifikan dari thitung sebesar 3,179 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,994 maka dapat kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Terdapat pengaruh secara bersamaan BI Rate, inflasi terhadap tingkat suku bunga deposito signifikan dari nilai Fhitung sebesar 45,16 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,13 maka diambil kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya BI Rate dan inflasi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat suku bunga deposito.

Keterbatasan dalam penelitian ini adalah penelitian hanya meneliti BI Rate dan inflasi saja sehingga tidak memberikan bukti lebih lanjut mengenai variabel lain yang dapat mempengaruhi tingkat suku bunga deposito pada Bank Persero di Indonesia. Saran penulis untuk penelitian selanjutnya adalah menambah variabel lain yang dapat mempengaruhi tingkat suku bunga deposito dan menambah jumlah n observasi yang dijadikan sebuah sample dalam penelitian.

Kata kunci : BI Rate, Inflasi dan Tingkat Suku Bunga Deposito.


Ketersediaan

2009021038SKR - MNJ 57 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - MNJ 57 2013
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
126 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009021038
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya