No image available for this title

Skripsi

Pengaruh pengalaman auditor, komitmen profesional dan etika profesional terhadap perilaku auditor dalam situasi konflik audit (studi Empiris pada KAP yang ada di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara).



Pembimbing : Hari Priyandono

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman auditor, komitmen profesional dan etika profesional terhadap perilaku auditor dalam situasi konflik audit. Penelitian ini dilakukan di Jakarta dengan auditor sebagai responden yang bekerja pada kantor akuntan publik. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode convenience sampling. Kuesioner yang disebarkan berjumlah 60 tetapi kembali hanya 38. Penganalisisan data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi linier sederhana.

Landasan teori yang menjadi kerangka dalam penelitian ini terdiri dari tiga komponen. Komponen tersebut yaitu pengalaman auditor, komitmen profesional dan etika profesional.

Objek penelitian dalam skripsi ini adalah auditor eksternal sebagai responden yang bekerja pada kantor akuntan publik di Jakarta. Variabel penelitiannya ialah pengalaman auditor, komitmen profesional dan etika profesional. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengalaman auditor (X1) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku auditor dalam situasi konflik audit sebesar sig 0,004; 2) Komitmen profesional mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku auditor dalam situasi konflik audit sebesar sig 0,024; 3) Etika profesional mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku auditor dalam situasi konflik audit sebesar sig 0,011.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa pengalaman auditor, komitmen profesional dan etika profesional mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku auditor dalam situasi konflik audit.

Kata kunci : pengalaman auditor, komitmen profesional, etika profesional, dan situasi konflik audit.


Ketersediaan

2009031030SKR - AKT 113 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 113 2013
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
87 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009031030
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya