No image available for this title

Skripsi

Pengaruh ukuran perusahaan (total asset), leverage (DER) dan profitabilitas (ROA) terhadap manajemen laba pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI



Pembimbing : Makmuri

Abstrak:
Dalam skripsi ini yang diteliti adalah hubungan antara Ukuran Perusahaan (SIZE), Debt to Equity Ratio (DER) dan Return On Asset (ROA) terhadap Manajemen Laba (Erning Management). Variabel independennya (X) adalah Ukuran Perusahaan (SIZE), Debt to Equity Ratio (DER) dan Return On Asset (ROA) sedangkan variabel dependennya (Y) adalah Manajemen Laba (Earning Management). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan yang diukur menggunakan (SIZE), Leverage yang diukur menggunakan Debt to Equity Ratio (DER) dan profitabilitas yang diukur menggunakan Return On Asset (ROA) terhadap manajemen laba yang diukur menggunakan Dicstionary Accruals (DA).

Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka jumlah sampel adalah sebanyak 20 sampel perusahaan manufaktur selama periode 2010-2012. Data penelitian merupakan data secunder yang diperoleh dari PT. Indonesian Capital Market Electronik Library (www.idx.co.id). Pengujian hipotesis penelitian digunakan teknik analisis sederhana dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution).

Hasil penelitian menunjukan : 1) Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, 2) leverage berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, dan 3) profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.

Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, DER, ROA dan Manajemen Laba


Ketersediaan

2009033009SKR - AKT 112 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 112 2013
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
89 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009033009
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya