No image available for this title

Skripsi

Analisis pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia



Pembimbing : Laili Suryati

Abstrak:
Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh antara Earning After Tax, Return On Assets, Return On Equity dan Net Profit Margin terhadap harga saham. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Earning After Tax (X1), Return On Assets (X2), Return On Equity (X3), Net Profit Margin (X4), dan variabel dependen dalam penelitian ini adalah harga saham (Y).

Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan emiten yang masuk dalam kategori LQ45 di Bursa Efek Indonesia. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji kembali seberapa besar pengaruh Earning After Tax, Return On Assets, Return On Equity dan Net Profit Margin terhadap harga saham emiten yang masuk dalam kategori LQ45 di Bursa Efek Indonesia. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana dan regresi berganda.

Dari hasil pengujian dalam penelitian ini, ROA memiliki koefesien regresi sebesar 6.785 dan nilai signifikan sebesar 0.000, maka dapat dikatakan ROA berpengaruh signifikan terhadap harga saham, karna nilai koefesiennya bersifat positif maka pengaruh yang ditimbulkan adalah positif. Sedangkan ROE dengan koefesien regresi variabelnya sebesar -2.880 dan nilai signifikan sebesar 0.005 maka dapat dikatakan ROE memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham, karna nilai koefesiennya bersifat negatif maka pengaruh yang ditimbulkan adalah negatif. Sedangkan EAT dan NPM dengan nilai signifikan sebesar 0.062 dan 0.104 jadi kedua variabel tersebut tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham. Sementara secara simultan (EAT, ROA, ROE, dan NPM) terbukti signifikan berpengaruh terhadap harga saham emiten kategori LQ45 di BEI pada level kurang dari 5% yaitu sebesar 0.000%. Kemampuan prediksi dari keempat variabel tersebut terhadap harga saham sebesar 51.7% sebagaimana ditunjukkan oleh besarnya adjusted R square sebesar 51.7%, sedangkan sisanya 48.3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.

Kata Kunci : Harga Saham, Earning After Tax (EAT), Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM).


Ketersediaan

2009033012SKR - AKT 111 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 111 2013
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
99 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009033012
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya