No image available for this title

Skripsi

Analisis dampak keputusan investasi dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)



Pembimbing : Hasly Ilyas
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan mengetahui seberapa besar pengaruh Keputusan Investasi dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009 - 2011.

Metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif dimana strategi ini bertujuan meneliti pengaruh Keputusan Investasi dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2011. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 11 perusahaan dan berupa laporan keuangan tahunan 2009-2011, maka n = 33.

Hasil Penelitian dengan menggunakan analisis linear berganda menunjukan secara simultan Keputusan Investasi dan Kebijakan Dividen berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Besarnya pengaruh kedua variabel tersebut terhadap Nilai Perusahaan adalah sebesar 84,8% sedangkan sisanya sebesar 15,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan kedalam model regresi. Sedangkan secara parisal Keputusan Investasi dan Kebijakan Dividen berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan sektor industri barang konsumsi, karena Keputusan Investasi dan Kebijakan Dividen merupakan informasi penting bagi investor dalam pengambilan keputusan investasi yang tepat.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedua variabel independen Keputusan Investasi dan Kebijakan Dividen secara simultan maupun parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Variabel Keputusan Investasi merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Kata kunci : Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen, dan Nilai Perusahaan


Ketersediaan

2010021027SKR - MNJ 19 2014CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - MKP 19 2014
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
135 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2010021027
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya