No image available for this title

Skripsi

Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja auditor



Pembimbing : Rahmawati Hanny
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kepuasan kerja (X1), profesionalisme (X2), kesesuaian tugas-teknologi (X3), persepsi kemanfaatan (X4), kompleksitas (X5), kondisi yang memfasilitasi (X6), kecemasan berkomputer (X7) dan keahlian (X8) terhadap kinerja auditor (Y).

Jenis penelitian ini digolongkan penelitian kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) di wilayah Jakarta Timur. Dalam penelitian ini responden berjumlah 50 orang. Data diambil dari kuesioner yang dibagikan kepada responden dipilih dengan cara purposive sampling. Hasil dari pengujian hipotesis pertama dengan perhitungan uji signifikansi regresi parsial kepuasan kerja menunjukkan bahwa p value variabel X1 sebesar 0,021, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil dari pengujian hipotesis kedua dengan perhitungan uji signifikansi regresi parsial profesionalisme menunjukkan bahwa p value variabel X2 sebesar 0,000, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil dari pengujian hipotesis ketiga dengan perhitungan uji signifikansi regresi parsial kesesuaian tugas-teknologi menunjukkan bahwa p value variabel X3 sebesar 0,002, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil dari pengujian hipotesis keempat dengan perhitungan uji signifikansi regresi parsial persepsi kemanfaatan menunjukkan bahwa p value variabel X4 sebesar 0,043, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil dari pengujian hipotesis kelima dengan perhitungan uji signifikansi regresi parsial kompleksitas menunjukkan bahwa p value variabel X5 sebesar 0,755, yang berarti Ha ditolak dan Ho diterima. Hasil dari pengujian hipotesis keenam dengan perhitungan uji signifikansi regresi parsial kondisi yang memfasilitasi menunjukkan bahwa p value variabel X6 sebesar 0,072, yang berarti Ha ditolak dan Ho diterima. Hasil dari pengujian hipotesis ketujuh dengan perhitungan uji signifikansi regresi parsial kecemasan berkomputer menunjukkan bahwa p value variabel X7 sebesar 0,316, yang berarti Ha ditolak dan Ho diterima. Hasil dari pengujian hipotesis kedelapan dengan perhitungan uji signifikansi regresi parsial keahlian menunjukkan bahwa p value variabel X8 sebesar 0,000, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi kepuasan kerja, profesionalisme, kesesuaian tugas-teknologi, persepsi kemanfaatan dan keahlian berpengaruh positif dan signifikan. Sedangkan kompleksitas, kondisi yang memfasilitasi dan kecemasan berkomputer berpengaruh negatif dan signifikan Hasil dari pengujian hipotesis kesembilan dengan perhitungan uji signifikansi regresi berganda menunjukkan bahwa nilai probabilitas 0,000 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi antara variabel kepuasan kerja, profesionalisme, kesesuaian tugas-teknologi, persepsi kemanfaatan dan keahlian mempunyai hubungan yang positif dan signifikan.

Dari penelitian ini hanya menguji 9 variabel saja yang diduga berpengaruh terhadap kinerja auditor, sehingga hanya dapat menjelaskan pengaruhnya sebesar 39,80%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci : kepuasan kerja, profesionalisme, kesesuaian tugas-teknologi, persepsi kemanfaatan, kompleksitas, kondisi yang memfasilitasi, kecemasan berkomputer, keahlian dan kinerja auditor.


Ketersediaan

2009032015SKR - SIA 04 2014CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - SIA 04 2014
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
108 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009032015
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya