No image available for this title

Skripsi

Pengaruh informasi akuntansi dan informasi non akuntansi terhadap initial return pada perusahaan non keuangan yang melakukan IPO (Intial Public Offering) di Bursa Efek Jakarta, Tahun 2008-2010



Pembimbing : Sudjono
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh informasi akuntansi (ukuran perusahaan, profitabilitas, dan financial leverage) dan informasi non akuntansi (persentase penawaran saham, reputasi auditor, reputasi underwriter, dan jenis industri) terhadap initial return pada perusahaan non keuangan yang melakukan IPO (initial public offering) di Bursa Efek Jakarta, Tahun 2008-2010.

Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive judgment sampling. Berdasarkan kriteria yang ada maka didapat 45 perusahaan non keuangan yang menjadi sampel penelitian. Kemudian, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) informasi akuntansi (ukuran perusahaan, profitabilitas, dan financial leverage) dan informasi non akuntansi (persentase penawaran saham, reputasi auditor, reputasi underwriter, dan jenis industri) memiliki pengaruh terhadap initial return pada perusahaan non keuangan yang melakukan IPO dan secara parsial (individu) variabel financial leverage dan persentase penawaran saham memiliki pengaruh terhadap initial return. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa para investor yang akan berinvestasi pada perusahaaan non keuangan yang melakukan IPO perlu memperhatikan informasi akuntansi (financial leverage) dan informasi non akuntansi (persentase penawaran saham) agar sukses memperoleh initial return yang diharapkan.

Kata kunci: initial return, informasi akuntansi, informasi non akuntansi, initial public offering (IPO).


Ketersediaan

2009032016SKR - SIA 02 2014CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - SIA 02 2014
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
74 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009032016
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya