No image available for this title

Skripsi

Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility dan good corporate governance terhadap nilai perusahaan dengan profotabilitas sebagai moderating variabel (survei pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2008-2012)



Pembimbing : Rahmawati Hanny

Abstrak:
Penelitian ini meneliti pengaruh corporate social responsibility dan good corporate governance dengan profitabilitas sebagai variabel moderating yang dapat mengoptimalkan nilai perusahaan pada perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia peride 2008-2012. Penelitian ini menggunakan variabel independen berupa corporate social responsibility (X1) dan good corporate governance (X2) dengan moderating variabel profitabilitas (X3), sedangkan variabel dependennya nilai perusahaan (Y). Masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengungkapan corporate social responsibility akan meningkatkan nilai perusahaan pada saat profitabilitas perusahaan tinggi, apakah good corporate governance akan meningkatkan nilai perusahaan pada saat profitabilitas perusahaan tinggi, dan apakah pengungkapan corporate social responsibility dan good corporate governance akan meningkatkan nilai perusahaan pada saat profitabilitas perusahaan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengungkapan corporate social responsibility dan good corporate governance terhadap nilai perusahaan pada saat profitabilitas perusahaan tinggi.

Penelitian ini menggunakan 29 sampel dari jumlah populasi 136 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh bahwa dari keempat variabel yang diteliti pengungkapan corporate social responsibility tidak meningkatkan nilai perusahaan saat profitabilitas perusahaan tinggi, good corporate governance dapat meningkatkan perusahaan saat profitabilitas perusahaan tinggi, dan pengungkapan corporate social responsibility dan good corporate governance dapat meningkatkan nilai perusahaan saat profitabilitas tinggi. Keterbatasan penelitian ini yaitu pada periode 2008-2009 sedang terjadi krisis global, sehingga banyak perusahaan yang tidak menerbitkan laporan keuangan dengan baik. Saran untuk penelitian ini adalah lebih memperhatikan periode penelitian.

Kata Kunci : nilai perusahaan, corporate social responsibility, good corporate governance, profitabilitas


Ketersediaan

2009031071SKR - AKT 36 2014CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 36 2014
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
75 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009031071
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya