No image available for this title

Skripsi

Pengaruh profitability, past debt, dan asset tangibility terhadap struktur modal (study empiris : perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI Tahun 2007-2009)



Pembimbing : Lita Dharmayuni

Abstrak:
Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari Profitability, Past Debt, dan Asset Tangibility terhadap Struktur Modal. Variabel independen (X) dari penelitian ini ialah Profitability, Past Debt, dan Asset Tangibility, sedangkan variabel dependennya (Y) ialah Struktur Modal.

Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah perusahaan manufaktur yang terdaftar (go public) di Bursa Efek Indonesia (BEI) seperti yang tercantum dalam Indonesian Capital Market Directory. Perusahaan manufaktur yang tercatat di BEI digunakan sebagai populasi, karena perusahaan tersebut mempunyai kewajiban untuk menyampaikan laporan keuangan kepada pihak luar perusahaan. Di ICMD tersebut diketahui bahwa jumlah perusahaan manufaktur yang terdaftar (go public) di BEI pada tahun 2007-2009 adalah 146 perusahaan yang terbagi 19 kategori perusahaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang terpilih sebanyak 26 perusahaan manufaktur. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, menggunakan program SPSS statistic 17.

Berdasarkan hasil analisis menunjukkan persamaan regresi adalah Y =
- 0,005 + 0,353 X1 + 0,674 X2 + 0,123 X3 + e. Secara simultan ada pengaruh antara profitability, past debt, dan asset tangibility terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur. Pengaruh tersebut sebesar 62% sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial variabel profitability, past debt, dan asset tangibility berpengaruh terhadap struktur modal.

Keterbatasan peneliti dalam penelitian ini lebih dalam pengembangan variabel-variabel di luar variabel independen yang ada saat ini untuk memahami variabel dependen. Juga berkaitan dengan keterbatasan ketersediaan waktu dalam melaksanakan penelitian ini.

Kata Kunci: profitability, past debt, asset tangibility, dan struktur modal


Ketersediaan

2009031150SKR - AKT 28 2014CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 28 2014
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
58 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009031150
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya