No image available for this title

Skripsi

Analisis pengaruh ukuran perusahaan dan mekanisme corporate governance terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI



Pembimbing : Cristiano Lambogia
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh ukuran perusahaan, dan mekanisme corporate governance terhadap manajemen laba. Ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan natural logaritma dari total penjualan perusahaan dan mekanisme corporate governance diukur menggunakan empat variabel (konsentrasi kepemilikan, komposisi dewan komisaris, kualitas audit yang diproksi dengan spesialisasi industri auditor, dan komposisi komite audit).

Manajemen laba diukur dengan discretionary accruals menggunakan Modified Jones Model. Populasi pada penelitian ini adalah 137 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2011. Data penelitian diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur periode tahun 2009-2011. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel yang diperoleh sebanyak 30 perusahaan. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi berganda.

Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap manajemen laba adalah komposisi komite audit. Selanjutnya, variabel independen ukuran perusahaan, konsentrasi kepemilikan saham, komposisi dewan komisaris dan kualitas audit dengan proksi spesialisasi industri auditor tidak berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba.

Kata kunci: ukuran perusahaan, corporate governance, manajemen laba


Ketersediaan

2012131011SKR - AKT 25 2014CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 25 2014
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
85 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2012131011
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya