No image available for this title

Skripsi

Pengaruh return on equity (roe), deviden payout ratio (dpr), return on investment (roi) terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang tercatat di BEI



Pembimbing : Soeprijadi

Abstrak:
Harga Saham merupakan faktor yang sangat penting dan harus diperhatikan oleh investor dalam melaksanakan investasi, karena Harga Saham menunjukkan nilai suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh serta bentuk hubungannya antara Return On Equity (ROE), Deviden Payout Ratio (DPR), dan Return On Investment (ROI) terhadap Harga Saham pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dalam penelitian ini digunakan data observasi sebanyak N = 15, dari 50 perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia yang dipilih dengan cara purposive sampling. Hasil dari pengujian hipotesis pertama, hipotesis kedua, dan hipotesis ketiga dengan perhitungan uji signifikansi regresi parsial ROE terhadap Harga Saham menunjukan bahwa nilai Thitung 3,263 > t tabel 2,3267, yang berati Ha diterrima dan Ho ditolak. Perhitungan uji signifikansi regresi parsial DPR terhadap Harga Saham menunjukan bahwa nilai Thitung 4.038 > t tabel 2,3267, yang berati Ha diterima dan Ho ditolak. Perhitungan uji signifikansi regresi parsial ROI terhadap Harga Saham menunjukan bahwa nilai Thitung 7.133 > t tabel 2,3267, yang berati Ha diterrima dan Ho ditolak. Jadi antara Return On Equity (ROE), Deviden Payout Ratio (DPR), dan Return On Investment (ROI) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap Harga Saham. Hasil dari pengujian hipotesis keempat dengan perhitungan uji signifikansi regresi berganda menunjukan bahwa nilai Fhitung (5.170) > Ftabel (2.81) yang berati Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi antara Return On Equity (ROE), Deviden Payout Ratio (DPR), dan Return On Investment (ROI) memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap Harga Saham.

Dari penelitian ini hanya menguji tiga variabel saja yang diduga berpengaruh terhadap Harga Saham, sehingga tidak memberikan bukti lebih lanjut mengenai variabel lainnya yang juga mempengaruhi Harga Saham perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia ( BEI ).

Kata kunci : Return On Equity (ROE), Deviden Payout Ratio (DPR), dan Return On Investment (ROI), dan Harga Saham.


Ketersediaan

2009031065SKR AKT 107 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR AKT 107 2013
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
99 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009031065
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya