No image available for this title

Skripsi

Pengaruh financial leverage dan profitabilitas terhadap return saham pada perusahaan sektor finansial terdaftar di BEI



Pembimbing : Henni Handari

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Pengaruh Financial Leverage dan Profitabilitas Terhadap Return Saham. Variabel penelitian dalam skripsi ini yaitu variabel dependen Financial Leverage, profitabilitas sedangkan variable independent yaitu Return Saham dalam penelitian ini pada perusahaan terdaftar di Bursa Efek Jakarta.

Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan metode korelasional yang kemudian diolah dengan menggunakan analisis statistik. Dari hasil pengolahan data, diperoleh kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut : Secara parsial variabel leverage yang diukur dengan DR mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap EPS dengan koefisien regresi sebesar 137.125 dan nilai signifikansi 0.023 <  = 0.05 demikian juga secara parsial variabel profitabilitas yang diukur dengan ROE mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap EPS dengan koefisien regresi sebesar 32.466 dan nilai signifikansi 0.003 <  = 0.05. Nilai koefisien korelasi R sebesar 0.546 dan nilai R2 sebesar 0.299, dengan nilai F-hitung = 6.2558 > nilai F-tabel = F0,05;2;43 = 2.80 maka signifikan, artinya hubungan diantara variabel penelitian positif sedang dan signifikan atau nyata secara statistik. variabel independen leverage (DR) dan profitabilitas (ROE) secara bersama-sama mempunyai kontribusi sebesar 29.9% dalam menjelaskan variasi variabel dependen EPS, sedang sisanya sebesar 70.1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam model.

Disarankan informasi hasil penelitian ini dapat menambah wawasan bagi manajemen, investor maupun calon investor yang akan menanamkan modalnya dalam bentuk saham berkaitan dengan pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap kinerja keuangan perusahaan khususnya EPS. Temuan dari penelitian ini dapat melengkapi penelitian akuntansi keuangan yang sudah ada sehingga diharapkan dapat menambah referensi yang bermanfaat bagi para peneliti yang akan datang. Kepada peneliti berikutnya dapat mengembangkan penelitian ini berkaitan dengan data runtut waktu (time series), menguji model-model penelitian yang akan digunakan sehingga diperoleh model yang tepat atau menambah variabel lain yang sekiranya lebih sesuai dan relevan dengan masalah dan tujuan penelitian misalnya adanya earning manajemen, perataan laba, harga BBM, jumlah uang yang beredar, tingkat suku bunga, tingkat inflasi dan perubahan kurs mata uang asing.

Kata Kunci : Financial Leverage, Profitabilitas, Return Saham.


Ketersediaan

2009031020SKR-AKT 102 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 102 2013
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
83 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009031020
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya