No image available for this title

Skripsi

Analisis penggunaan altman z-score untuk memprediksi potensi kebangkrutan perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2008-2012



Pembimbing : Ali Munar
Abstrak
Kebangkrutan suatu perusahaan dapat dianalisa dengan menggunakan metode Altman Z-Score. Karena kebangkrutan merupakan masalah yang harus di waspadai oleh setiap perusahaan. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui prediksi kebangkrutan perusahaan makanan dan minuman periode 2008 – 2012 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan obyek pendekatan deskriptif. Obyek penelitian ini ada enam perusahaan makanan dan minuman. Data yang diambil adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan yang tercantum di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah model prediksi kebangkrutan Altman Z-Score.

Hasil perhitungan Z-Score untuk ke enam perusahaan manufaktur pada tahun 2008-2012 cenderung berada dalam area abu-abu. Dari perhitungan Z-Score rata-rata rasio nilai pasar ekuitas terhadap nilai buku hutang (X4) yang membuat perusahaan dalam kategori bangkrut dan berada dalam area abu-abu. Sedangkan untuk perusahaan dalam kategori sehat rata-rata disebabkan tingginya rasio nilai pasar ekuitas (X4) dan rasio penjualan (X5)

Kata Kunci : Z-Score, Prediksi Kebangkrutan


Ketersediaan

2010021043SKR-MNJ 13 2014CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-MNJ 13 2014
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
79 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2010021043
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya