No image available for this title

Skripsi

Pengaruh perputaran aset dan perputaran piutang terhadap return on total asset pada perusahaan pembiayaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia



Pembimbing : Bambang Purnomo

Abstrak:
Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari Perputaran Aktiva Tetap dan Perputaran Piutang Terhadap Return On Total Asset (ROA). Variabel independen (X) dari penelitian ini ialah Perputaran Aktiva Tetap dan Perputaran Piutang, sedangkan variabel dependennya (Y) ialah Return On Total Asset (ROA). Dalam penelitian ini, peneliti mencoba untuk melihat keterhubungan dan seberapa besar pengaruh yang diberikan oleh variabel independen terhadap variabel dependen menyangkut salah satu perhitungan profitabilitas yaitu Return On Total Asset (ROA) pada perusahaan-perusahaan pembiayaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam rentang 4 tahun dalam periode 2008 sampai dengan 2011.

Penelitian ini memiliki sampel berjumlah 8 perusahaan pembiayaan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Melalui hasil pengujian dengan koefisien regresi secara serentak (Uji F), diketahui bahwa variabel perputaran aktiva tetap dan perputaran piutang berpengaruh secara sangat signifikan terhadap ROA, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari tingkat signifikan sebesar α (5%). Juga dapat terlihat dari koefisien determinasi yang menyatakan perputaran aktiva tetap dan perputaran piutang memiliki tingkat pengaruh terhadap Return On Total Asset (ROA) sebesar 45,3 % dengan derajat hubungan sebesar 0,673.

Keterbatasan peneliti dalam penelitian ini lebih dalam pengembangan variabel-variabel di luar variabel independen yang ada saat ini untuk memahami variabel dependen. Juga berkaitan dengan keterbatasan ketersediaan waktu dalam melaksanakan penelitian ini.

Kata Kunci: perputaran aktiva tetap, perputaran piutang, return on total asset (ROA)


Ketersediaan

2011131039SKR-AKT 98 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 98 2013
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
104 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2011131039
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya