No image available for this title

Skripsi

Pengaruh karakteristik perusahaan dan corporate governance terhadap pengungkapan risiko perusahaan (studi empiris pada perusahaan nonkeuangan yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2010-2012)



Pembimbing : Sudjono
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan risiko dalam perusahaan nonkeuangan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah jenis industri, ukuran perusahaan, tingkat profitabilitas, tingkat likuiditas, tingkat solvabilitas, keahlian komite audit, frekuensi pertemuan komite audit, dan struktur kepemilikan saham publik. Variabel dependen adalah pengungkapan risiko perusahaan.

Populasi dalam penelitian ini adalah 134 perusahaan nonkeuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2010-2012. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan sampel yang diambil adalah sampel yang memenuhi kriteria seleksi. Sampel yang digunakan adalah 129 sampel dari 43 perusahaan non keuangan selama periode 3 tahun (2010-2012). Pengungkapan risiko dalam penelitian ini menggunakan content analysis berdasarkan identifikasi kalimat yang berkaitan dengan pengungkapan risiko dalam laporan tahunan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis industri, ukuran perusahaan, tingkat profitabilitas, frekuensi pertemuan komite audit, dan struktur kepemilikan saham publik berpengaruh terhadap pengungkapan risiko perusahaan, sedangkan tingkat likuiditas, tingkat solvabilitas, dan keahlian komite audit tidak berpengaruh terhadap pengungkapan risiko perusahaan.

Kata kunci: pengungkapan risiko, karakteristik perusahaan, tata kelola perusahaan, laporan tahunan.


Ketersediaan

2010031195SKR-AKT 10 2014CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 10 2014
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
122 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2010031195
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya