No image available for this title

Skripsi

Pengaruh kepatuhan wajib pajak hotel dan optimalisasi pemungutan pajak hotel terhadap penerimaan pajak daerah Jakarta Timur



Pembimbing : M. Zainuri

Abstrak:
Penerimaan pajak daerah merupakan hal penting untuk pembangunan infrastruktur suatu daerah. Ada banyak jenis pajak daerah yang ada di DKI Jakarta, salah satunya adalah pajak hotel, yang penerimaannya juga menjadi sumber dana untuk memperbaiki infrastruktur yang ada di wilayah DKI Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh serta bentuk hubungan antara kepatuhan wajib pajak hotel dan optimalisasi pemungutan pajak hotel terhadap penerimaan pajak daerah Jakarta Timur.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang dipeoleh dari dua Suku Dinas Pelayanan Pajak yang ada di Jakarta Timur periode 2009 – 2012. Hasil dari pengujian hipotesis pertama dengan perhitungan uji signifikansi regresi parsial kepatuhan wajib pajak hotel menunjukkan bahwa p value variabel X1 sebesar 0,000, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil dari pengujian hipotesisi kedua dengan perhitungan uji sigifikansi regresi parsial optimalisasi pemungutan pajak hotel menunjukkan bahwa p value variabel X2 sebesar 0,309, yang berarti Ha ditolak dan Ho diterima. Jadi hanya kepatuhan wajib pajak yang memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap penerimaan pajak daerah Jakarta Timur, sedangkan optimalisasi pemungutan pajak hotel memiliki pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan terhadap penerimaan pajak daerah Jakarta Timur. Hasil dari pengujian hipotesis ketiga dengan perhitungan uji signifikansi regresi berganda menunjukkan bahwa nilai probabilitas 0,000 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi antara kepatuhan wajib pajak hotel dan optimalisai pemungutan pajak hotel memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan terhadap penerimaan pajak daerah Jakarta timur.

Dari penelitian ini hanya menguji dua variabel saja yang diduga berpengaruh terhadap penerimaan pajak daerah Jakarta Timur, sehingga hanya dapat menjelaskan pengaruhnya sebesar 31%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Hotel, Pajak, Wajib Pajak, Kepatuhan, Pemungutan Pajak, Optimalisasi, Penerimaan Pajak Daerah, Jakarta Timur.


Ketersediaan

2009031131SKR-AKT 94 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 94 2013
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009031131
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya