No image available for this title

Skripsi

Pengaruh kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi dan pengendalian intern akuntansi terhadap keterandalan pelaporan keuangan pemerintahan daerah



Pembimbing : Makmuri

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) Pengaruh kualitas sumber daya manusia terhadap keterandalan. (2) Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap keterandalan. (3) Pengaruh pengendalian intern akuntansi terhadap keterandalan.

Jenis peneitian ini digolongkan penelitian kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah bagian akuntansi/ penatausahaan keuangan pada Walikota di DKI Jakarta yang berjumlah 5 Walikota. Dalam penelitian ini responden berjumlah 75 orang. Data diambil dari kuesioner yang dibagikan kepada responden dipilih dengan cara purposive sampling. Hasil dari pengujian hipotesis pertama dengan perhitungan uji signifikansi regresi parsial kualitas sumber daya manusia menunjukkan bahwa p value variabel X1 sebesar 0,000, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil dari pengujian hipotesisi kedua dengan perhitungan uji sigifikansi regresi parsial pemanfaatan teknologi informasi menunjukkan bahwa p value variabel X2 sebesar 0,000, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil dari pengujian hipotesis ketiga dengan perhitungan uji signifikansi regresi parsial pengendalian intern akuntansi menunjukkan bahwa p value variabel X3 sebesar 0,017, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi dan pengendalian intern akuntansi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap keterandalan pelaporan keuangan pemerintah daerah. Hasil dari pengujian hipotesis keempat dengan perhitungan uji signifikansi regresi berganda menunjukkan bahwa nilai probabilitas 0,000 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi antara kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi dan pengendalian intern akuntansi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan terhadap keterandalan pelaporan keuangan pemerintah daerah.

Dari penelitian ini hanya menguji tiga variabel saja yang diduga berpengaruh terhadap keterandalan pelaporan keuangan pemerintah daerah, sehingga hanya dapat menjelaskan pengaruhnya sebesar 81,8%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci : Keterandalan pelaporan keuangan, kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi dan pengendalian intern akuntansi


Ketersediaan

2009032007SKR-SIA 15 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-SIA 15 2013
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
104 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009032007
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya