No image available for this title

Skripsi

Pengaruh atribut kualitas audit dan reputasi kantor akuntan publik terhadap kepuasan klien



Pembimbing : Sudjono

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah atribut kualitas audit dan reputasi Kantor Akuntan Publik memiliki pengaruh terhadap kepuasan klien. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan pengguna jasa Kantor Akuntan Publik. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah kepala bagian keuangan/accounting perusahaan pengguna jasa Kantor Akuntan Publik. Jumlah sampel sebanyak 30 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer, dengan metode pengumpulan data kuesioner.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan keduabelas atribut kualitas audit yang mempengaruhi secara signifikan terhadap kepuasan klien, yaitu pengalaman melakukan audit, memahami industri klien, responsif atas kebutuhan klien, taat pada standar umum, independensi, sikap hati- hati, komitmen yang kuat terhadap kualitas audit, keterlibatan pimpinan KAP, melakukan lapangan pekerjaan dengan tepat, keterlibatan komite audit, standar- standar etika yang tinggi, dan sikap tidak mudah percaya. Hasil penelitian berbeda dengan hasil Widagdo (2002), yang menyatakan hanya tujuh atribut kualitas audit yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan klien. Independensi, sikap hati- hati, melakukan pekerjaan lapangan dengan tepat, standar etika yang tinggi dan sikap tidak mudah percaya tidak mempengaruhi kepuasan klien. Begitupula dengan hasil penelitian Suharputri (2010), bahwa ada delapan atribut kualitas audit yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan klien. Independensi, keterlibatan pimpinan KAP, keterlibatan komite audit dan sikap tidak mudah percaya tidak mempengaruhi kepuasan klien.

Dalam penelitian ini, reputasi Kantor Akuntan Publik mempengaruhi secara signifikan terhadap kepuasan klien. Hasil penelitian mendukung hasil penelitian Pravitasari (2010), namun berbeda dengan hasil penelitian Resty (2012).

Kata kunci : atribut kualitas audit, reputasi Kantor Akuntan Publik, kepuasan klien, Kepala Bagian Keuangan/Accounting


Ketersediaan

2009031019SKR-AKT 84 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 84 2013
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
118 HAL
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009031019
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya