No image available for this title

Skripsi

Pengaruh kompetensi dan independensi auditor terhadap kualitas audit (studi empiris pada kantor akuntan publik di Jakarta)



Pembimbing : Gusmiarni

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan selain untuk memperoleh informasi tentang Kompetensi Auditor, Independensi Auditor dan Kualitas Hasil Audit, juga untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Auditor dan Independensi Auditor baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap Kualitas Hasil Audit pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta.

Pengaruh Kompetensi Auditor dan Independensi Auditor baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap Kualitas Hasil Audit menarik untuk diteliti kembali karena kasus pelanggaran pada profesi auditor telah banyak dilakukan, mulai dari kasus Enron di Amerika sampai dengan kasus Telkom di Indonesia sehingga membuat kredibilitas auditor semakin dipertanyakan.

Dari populasi seluruh Kantor Akuntan Publik yang terdaftar di Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) di Jakarta sebanyak 237 KAP, sampel dipilih dengan teknik purposive sampling dengan kriteria antara lain KAP yang memiliki rekan persekutuan paling sedikit lima orang akuntan publik dan dengan kriteria tersebut terpilih tujuh KAP, dari tujuh KAP tersebut yang bersedia sebanyak lima KAP. Sedangkan akuntan publik dari KAP sampel yang digunakan sebagai responden sebanyak 50 akuntan publik, tetapi yang dapat diolah sebesar 35 kuesioner jawaban responden, dengan demikian response ratenya sebesar 70%.

Metode penelitian dalam penyususnan skripsi ini adalah survey kuesioner, berdasarkan data kualitatif yang dikuantifikasi dengan skala Likert1 – 5 menjadi data kuantitatif. Jenis penelitian assosiatif kausal yaitu menganalisis pengaruh variabel independen yaitu Kompetensi Auditor dan Independensi Auditor terhadap variabel dependen Kualitas Hasil Audit dengan menggunakan model regresi berganda.

Hasil temuan penelitian ini adalah Kompetensi Auditor dan Independensi Auditor pada Kantor Akuntan Publik yang terdaftar di Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) di Jakarta baik secara parsial maupun secara bersama-sama mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap Kualitas Hasil Audit dengan koefisien determinasi sebesar 56,90%.

Berdasarkan hasil analisis dan pengujian yang telah dilakukan, untuk meningkatkan Kualitas Hasil Audit pada Kantor Akuntan Publik yang terdaftar di Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) di Jakarta, maka perlu dijaga dan ditingkatkan Kompetensi Auditor dan Independensi Auditor. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya disarankan dapat memperluas penelitian ini dengan memperluas sampel penelitian dan menambahkan variable lain yang mempengaruhi Kualitas Hasil Audit.

Kata kunci: Kompetensi Auditor , Independensi Auditor , Kualitas Hasil Audit.


Ketersediaan

2012131009SKR-AKT 82 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 82 2013
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
110 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2012131009
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya