No image available for this title

Skripsi

Pengaruh beban penyusutan dan perputaran aktiva tetap terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI



Pembimbing : Sri Supriastuti

Abstrak:
Dalam skripsi ini yang diteliti adalah pengaruh beban penyusutan dan perputaran aktiva tetap terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Variabel independennya adalah beban penyusutan (X1) dan perputaran aktiva tetap (X2), sedangkan variabel dependennya adalah profitabilitas perusahaan manufaktur yang diukur dengan menggunakan ROA (Y). Peusahaan didirikan dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan sehingga dapat memberikan kemakmuran bagi semua pihak. Salah satu upaya untuk mencapai tujuannya, perusahaan selalu berusaha memaksimalkan labanya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi tingkat profitabilitas perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa pengaruh beban penyustan dan perputaran aktiva tetap terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI.

Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang listing di BEI pada tahun 2009-2011. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 65 perusahaan yang memenuhi syarat sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yang terdiri dari beban penyusutan dan perputaran aktiva tetap terhadap profitabilitas (ROA) perusahaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel beban penyusutan berpengaruh signifikan dan positif terhadap profitabilitas, variabel perputaran aktiva tetap berpengaruh signifikan dan positif terhadap profitabilitas, dan variabel beban penyusutan dan perputaran aktiva tetap secara simultan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2009-2011.

Kata kunci: beban penyusutan, perputaran aktiva tetap, dan profitabilitas. (Return On Asset).


Ketersediaan

2009031028SKR - AKT 63 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 63 2013
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
111 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009031028
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya