No image available for this title

Skripsi

Pengaruh efektifitas pemungutan pajak reklame dan kepatuhan wajib pajak reklame terhadap penerimaan pajak daerah Jakarta Timur



Pembimbing : Bambang Purnomo

Abstrak:
Hal penting untuk pembangunan infrastruktur suatu daerah yaitu salah satunya melalui penerimaan pajak daerah. Salah satu jenis pajak daerah yang ada di DKI Jakarta adalah pajak reklame. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh serta bentuk hubungan antara efektifitas pemungutan pajak reklame dan kepatuhan wajib pajak reklame terhadap penerimaan pajak daerah Jakarta Timur. Variabel independennya (X) adalah efektifitas pemungutan pajak reklame (X1) dan kepatuhan wajib pajak reklame (X2), sedangkan variabel dependennya adalah penerimaan pajak daerah Jakarta Timur (Y).

Pengambilan data yang diambil berupa data primer dari hasil pernyataan dalam kuisioner sebanyak N = 30, dari dua Suku Dinas Pelayanan Pajak yang ada di Jakarta Timur yang dipilih dengan cara purposive sampling. Hasil dari pengujian hipotesis pertama dengan perhitungan uji signifikansi regresi parsial efektifitas pemungutan pajak reklame menunjukkan bahwa p value variabel X1 sebesar 0,007, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil dari pengujian hipotesis kedua dengan perhitungan uji sigifikansi regresi parsial kepatuhan wajib pajak reklame menunjukkan bahwa p value variabel X2 sebesar 0,049, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi efektifitas pemungutan pajak reklame dan kepatuhan wajib pajak reklame memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap penerimaan pajak daerah Jakarta Timur. Hasil dari pengujian hipotesis ketiga dengan perhitungan uji signifikansi regresi berganda menunjukkan bahwa nilai probabilitas 0,004 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi antara efektifitas pemungutan pajak reklame dan kepatuhan wajib pajak reklame memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan terhadap penerimaan pajak daerah Jakarta timur.

Nilai adjusted R Square adalah sebesar 0,282. Koefisien determinasi sebesar 28,2% artinya bahwa Penerimaan Pajak Daerah Jakarta Timur dipengaruhi oleh efektifitas pemungutan pajak reklame dan kepatuhan wajib pajak, dan sisanya (100% - 28,2% = 71,8%) mampu dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Efektifitas Pemungutan Pajak Reklame, Kepatuhan Wajib Pajak Reklame, dan Penerimaan Pajak Daerah Jakarta Timur.


Ketersediaan

2009031094SKR - AKT 58 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 58 2013
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
97 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009031094
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya