No image available for this title

Skripsi

Pengaruh net profit margin (NPM) dan return on invesment (ROI) terhadap dividen payout ratio pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia



Pembimbing : Aang Syahdina
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio profitabilitas terhadap dividen payout ratio ( DPR ). Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif kausal. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 10 perusahaan manufaktur yang ada di BEI. Pada penelitian ini penulis menggunakan program SPSS versi 19.00 sebagai alat bantu dalam melakukan uji normalitas data, uji asumsi klasik, deskriptif statistik, analisis uji t dan uji F serta uji koefisien determinasi dengan taraf nyata 5 % ( 0,05)

Variabel indenpenden yang menjadi indikator pada penelitian ini adalah Net Profit Margin dan Return On Invesmen yang mewakili Rasio Profitabilitas, sedangkan yang menjadi variabel dependennya adalah Dividen Payout Ratio (DPR)

Hasil penelitian dari uji t yang dilakukan pada variabel Net Profit Margin Terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) terdapat pengaruh yang signifikan dengan didapatkan t hitung yang lebih besar ( thitung > ttabel (7,891 > 1,986) dan nilai probabilitas signifikanya yang lebih kecil dari tingkat signifikan (0,004 < 0,05).

Hasil penelitian dari uji t yang dilakukan pada variabel Return On Invesment Terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) terdapat pengaruh yang signifikan dengan didapatkan t hitung yang lebih besar ( thitung > ttabel (2,732 > 1,986) dan nilai probabilitas signifikanya yang lebih kecil dari tingkat signifikan (0,023 < 0,05).
Sementara untuk uji F antara Net Profit Margin dan Return On Invesment Terhadap Dividen Payout Ratio dapatkan ada pengaruh yang signifikan dengan uji statistiknya F hitung > F tabel yaitu 25,334 > 2,826 dan didukung nilai probabilitas signifikannya sebesar 0,000 ( < 0,05). Dengan demikian hipotesis ketiga yang menyatakan Price Earning Ratio, Debt To Equity Ratio dan Dividend Payout Ratio Terhadap Price Book Value memiliki pengaruh positif dapat diterima.

Kata kunci : Profit Margin, Return On Invesment dan Dividen Payout Ratio.


Ketersediaan

2011121002SKR–MNJ 28 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR–MNJ 28 2013
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
88 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2011121002
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya