No image available for this title

Skripsi

Pengaruh etika kerja islam terhadap komitmen profesi internal auditor, komitmen organisasi, dan sikap perubahan organisasi



Pembimbing : Lita Dharmayuni
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Etika Kerja Islam terhadap komitmen profesi internal auditor, komitmen organisasi, dan sikap perubahan organisasi. Penelitian berdasar keperilakuan yang menggunakan etika kerja Islam sebagai variabelnya akhir-akhir ini sering digunakan terkait dengan krisis moral yang sering terjadi. Krisis moral tersebut berupa kasus manipulasi keuangan pada lembaga perbankan yang sering melibatkan internal auditornya.

Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode pengumpulan data yang disebut purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 20 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik SPSS 18.0 melalui software SPSS 18.0. Selain itu, untuk menguji hipotesis kedua dan ketiga dilakukan uji Sobel untuk menguji hubungan variabel intervening yang ada di dalam hipotesis tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika kerja Islam berhubungan langsung dan positif terhadap komitmen profesi yang dimiliki oleh internal auditor. Selanjutnya etika kerja Islam berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi melalui komitmen profesi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa etika kerja Islam berpengaruh positif terhadap sikap perubahan organisasi melalui komitmen profesi dan komitmen organisasi yang dimiliki oleh seorang internal auditor.

Kata Kunci: Etika Kerja Islam, Komitmen Profesi, Komitmen Organisasi, Sikap Perubahan Organisasi, SPSS 18.0


Ketersediaan

SKR-AKT 146 2012SKR-AKT 146 2012CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 146 2012
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
99 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2008031102
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya