No image available for this title

Skripsi

Pengaruh capital adequacy ratio (CAR) dan non performing loan (NPL) terhadap return on assets (ROA) pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk



Pembimbing : Aang Syahdina
Abstrak
Dalam skripsi ini yang telah diteliti adalah pengaruh Capital Adequacy Ratio ( CAR ) dan Non Performing Loan ( NPL ) terhadap Return On Assets ( ROA ) pada Bank Tabungan Negara ( Persero ), Tbk. Dalam penelitian ini terdapat 3 variabel, yaitu Capital Adequacy Ratio ( CAR ) sebagai variabel independen ( X1 ), Non Performing Loan ( NPL ) sebagai variabel independen ( X2 ) dan Return On Assets ( ROA ) sebagai variabel dependen ( Y ).

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Capital Adequacy Ratio ( CAR ) dan Non Performing Loan ( NPL ) terhadap Return On Assets ( ROA ).

Dalam penelitian ini menggunakan data observasi sebanyak n = 28 pada Bank Tabungan Negara ( Persero ), Tbk. Hasil analisis CAR terhadap ROA terdapat pengaruh negatif dan signifikan dari thitung sebesar -1,656 lebih kecil dari nilai ttabel sebesar -2,064 maka dapat kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis NPL terhadap ROA terdapat pengaruh pengaruh positif dan signifikan dari thitung sebesar 2,304 lebih besar dari ttabel sebesar 2,302 maka dapat kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Terdapat pengaruh secara simultan CAR, NPL terhadap ROA memiliki pengaruh signifikan bahwa dilihat dari nilai Fhitung sebesar 5,012 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,37 maka diambil kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Keterbatasan dalam penelitian ini adalah hanya meneliti Capital Adequacy Ratio ( CAR ) dan Non Performing Loan ( NPL ) saja sedangkan masih ada faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi pengelolaan ROA pada Bank Tabungan Negara ( Persero ) Tbk. Saran penulis sebaiknya lebih memaksimalkan data laporan keuangan dan data rasio keuangan lainnya dengan melakukan banyak data observasi, menambah lama waktu pengamatan, karena akan menghasilkan tingkat kevalidan data lebih akurat.

Kata Kunci : Capital Adequacy Ratio ( CAR ), Non Performing Loan ( NPL ), Return On Assets.


Ketersediaan

2009021001SKR–MNJ 22 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR–MNJ 22 2013
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
147 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009021001
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya