No image available for this title

Skripsi

Pengaruh transaksi internet banking dan transaksi konvensional terhadap tingkat kepuasan nasabah pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Jakarta Cikini



Pembimbing : Alfan Lumbardo
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh transaksi internet banking dan transaksi konvensional terhadap tingkat kepuasan nasabah pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Jakarta Cikini.
Penelitian ini dilaksanakan di PT. Bank Mandiri (Persero)Tbk.Cabang Jakarta Cikini, dari tgl 4 Juni – 23 Juni 2012.

Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan pendekatan analisis korelasi dan regresi. Dalam penelitian ini yang dijadikan objek sampel adalah nasabah Bank Mandiri yang datang ke kantor cabang dan jumlah respondennya sebanyak 50 orang.

Hasil analisis data adalah sebagai berikut: berdasarkan pengujian hipotesis menunjukan ada pengaruh positif yang signifikan transaksi internet banking terhadap kepuasan nasabah, dengan hipotesis penelitian H1 diterima dimana thitung> ttabel(10,489 > 2,011) dan probabilitas signifikansi 0,000 < 0,05, hal ini juga didukung dengan R square sebesar 0,696 atau 69,6 %, sehingga menunjukkan besarnya kontribusi pengaruh transaksi internet banking terhadap kepuasan nasabah sebesar 69,9 % sedangkan sisanya 30,4 % merupakan pengaruh faktor lain seperti harga, promosi dan sebagainya. Selain itu pengujian hipotesis menunjukkan ada pengaruh positif yang signifikan transaksi konvensional terhadap kepuasan nasabah, dengan hipotesis penelitian H2 diterima dimana thitung> ttabel( 9,053 > 2,011) danprobabilitas signifikansi 0,000 < 0,05, didukung dengan R square sebesar 0,631 atau 63,1 %, sehingga menunjukkan besarnya kontribusi pengaruh transaksi konvensional terhadap kepuasan nasabah sebesar 63,1%, sisanya 36,9 % merupakan pengaruh faktor lain. Sedangkan untuk pengujian hipotesis secara berganda ada pengaruh yang signifikan transaksi internet banking dan transaksi konvensional terhadap kepuasan nasabah, dengan demikian hipotesis penelitian H3 diterima dimana Fhitung>Ftabel atau 56,049 % > 3,195 % dan dengan probabilitas signifikansi 0,000 < 0,05,didukung R square sebesar 0,705 atau 70,5 %, hal ini menunjukkan besarnya kontribusi pengaruh transaksi internet banking dan transaksi konvensional terhadap kepuasan nasabah sebesar 70,5 % sisanya 29,5 % merupakan pengaruh faktor lain seperti harga, promosi, dan sebagainya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara transaksi internet banking dan transaksi konvensional terhadap tingkat kepuasan nasabah pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Jakarta Cikini.

Kata Kunci: Transaksi Internet Banking, Transaksi Konvensional, Tingkat Kepuasan Nasabah.


Ketersediaan

SKR–MNJ 83 2012SKR–MNJ 83 2012CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR–MNJ 83 2012
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
138 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009122002
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya