No image available for this title

Skripsi

Pengaruh citra merek (brand image) dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (studi empiris pada Salon Glow Tebet di Jakarta Selatan)



Pembimbing : Nursiti

Abstrak:
Dalam skripsi ini yang diteliti adalah pengaruh citra merek dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen salon pada salon glow tebet Jakarta Selatan.Variabel independen dalam penelitian ini adalah citra merek (X1) dan kualitas pelayanan (X2) sedangkan variable dependennya (Y) adalah kepuasan konsumen. Dengan adanya citra merek salon glow dan kualitas pelayanan yang bagus maka diharapkan konsumen merasa puas terhadap citra merek dan layanan slon glow tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan citra merek dan kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen salon pada salon glow tebet Jakarta Selatan.

Dalam penelitian ini respondennya berjumlah 70 orang. Hasil analisis pertama diperoleh bahwa korelasi citra merek dengan kepuasan konsumen sebesar 0,867. Secara kualitatif dapat dinyatakan sangat kuat dan positif dengan thitung (14,985) >ttabel (1,996). Artinya bila citra merek salon glow ditingkatkan popularitasnya, maka akan dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Kesimpulan ini dapat digeneralisasikan ke populasi di mana sampel diambil. Hasil analisis kedua diperoleh bahwa korelasi kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen sebesar 0,849. Secara kualitatif dapat dinyatakan sangat kuat dan positif dengan thitung (13,259) >ttabel (1,996). Artinya bila kualitas pelayanan salon glow ditingkatkan, maka akan dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Hasil analisis ketiga diperoleh bahwa korelasi berganda antara citra merek dan kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen sebesar 0,919. Secara kualitatif dapat dinyatakan sangat kuat dan positif dengan Fhitung (211) >Ftabel(3,14). Artinya koefisien korelasi berganda yang diuji signifikan, yaitu dapat diberlakukan untuk seluruh populasi.

Keterbatasan penulis dalam waktu penyebaran kuesioner karena waktu penyebaran kuesioner berdekatan dengan ujian akhir semester, dan penulis hanya mengambil satu salon saja yang berada di tebet Jakarta Selatan sebagai obyek penelitian, yaitu salon glow. Saran penulis kepada peneliti berikutnya adalah kepuasan konsumen tidak hanya dipengaruhi oleh citra merek dan kualitas pelayanan saja, tetapi masih ada faktor-faktor lainnya seperti keputusan pembelian.

Kata Kunci: citra merek, kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen


Ketersediaan

2008022004SKR–MNJ 08 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR–MNJ 08 2013
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
118 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2008022004
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya