No image available for this title

Skripsi

Pengaruh inflasi dan tingkat suku bunga terhadap profitabilitas bank devisa di Indonesia



Pembimbing : Hasli Ilyas
Abstrak
Judul penelitian ini adalah ”Pengaruh Inflasi dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Profitabilitas Bank Devisa di Indonesia”.

Tujuan penelitian ini adalah memberikan bukti empiris tentang Pengaruh Inflasi dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Profitabilitas Bank Devisa di Indonesia, dimana objek penelitian ini dilakukan pada bank swasta nasional dan bank milik pemerintah yang tergolong dalam bank devisa dari tahun 2008 sampai dengan 2010 yang terdaftar di Bank Indonesia.

Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel penelitian, yaitu dua variabel bebas (X) yang terdiri dari Inflasi (X1) dan Tingkat Suku Bunga (X2), serta Profitabilitas sebagai variabel terikat (Y).
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian asosiatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan sampel 4 bank yang termasuk dalam golongan bank devisa yang terdaftar di Bank Indonesia.

Berdasarkan hasil hipotesis pertama yang diperoleh secara sederhana, menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Inflasi terhadap Profitabilitas dengan thitung (-1,669) < ttabel (2,013) yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Hasil hipotesis kedua yang diperoleh secara sederhana, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Tingkat Suku Bunga terhadap Profitabilitas dengan thitung (-2,453) < ttabel (2,013) yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Dan hasil hipotesis ketiga yang diperoleh secara berganda, terdapat pengaruh yang signifikan antara Inflasi dan Tingkat Suku Bunga terhadap Profitabilitas dengan Fhitung (4,00) > Ftabel (2,42) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima.

Keterbatasan dalam penelitian ini adalah penelitian hanya meneliti Inflasi dan Tingkat Suku Bunga saja sehingga tidak memberikan bukti lebih lanjut mengenai variabel lain yang dapat mempengaruhi Profitabilitas Bank Devisa di Indonesia. Saran penulis untuk penelitian selanjutnya adalah menambah variabel lain yang dapat mempengaruhi Profitabilitas dan menambah jumlah observasi yang dijadikan sebuah sampel dalam penelitian.

Kata Kunci : Inflasi, Tingkat Suku Bunga, dan Profitabilitas.


Ketersediaan

2007021029SKR–MNJ 02 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR–MNJ 02 2013
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
128 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2007021029
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya