No image available for this title

Skripsi

Pengaruh kualitas aset produktif (KAP) dan capital adequacy ratio (CAR) terhadap return on assets (ROA) pad bank pembangunan daerah yang terdaftar di Bank Indonesia



Pembimbing : Ida Musdafia Ibrahim

Abstrak:
Dalam skripsi ini yang diteliti adalah pengaruh Kualitas Aset Produktif (KAP) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return On Assets (ROA) pada Bank Pembangunan Daerah yang terdaftar di Bank Indonesia. Dalam penelitian ini terdapat 3 variabel, yaitu Kualitas Aset Produktif (KAP) sebagai variabel independen (X1), Capital Adequacy Ratio (CAR) sebagai variabel independen (X2) dan Return On Assets (ROA) sebagai variabel dependen (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Aset Produktif (KAP) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return On Assets (ROA).

Dalam penelitian ini menggunakan data observasi sebanyak n = 52 pada Bank Pembangunan Daerah yang terdaftar di Bank Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif Kualitas Aset Produktif (KAP) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return On Assets (ROA) dengan nilai signifikansi 0,011 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya KAP dan CAR secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan. Sedangkan jika secara parsial hasil pengolahan SPSS dapat diketahui bahwa nilai uji signifikansi KAP, CAR terhadap ROA adalah 0,832 maka dapat diambil kesimpulan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara KAP dengan ROA , jika CAR setiap bank sama dan hasil pengelolaan SPSS dapat diketahui bahwa nilai uji signifikansi KAP, CAR terhadap ROA adalah 0,03 maka dapat diambil kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara CAR terhadap ROA, jika KAP setiap bank sama.

Saran penulis untuk Bank Pembangunan Daerah yaitu mengelola aset produktifnya dengan menerapkan secara tegas prinsip – prinsip manajemen resiko dan menjaga kestabilan CAR atau bahkan meningkatkan CAR secara bersama - sama maka BPD dapat memperoleh profit yang maksimal. Adapun keterbatasan dalam penelitian ini adalah penelitian hanya meneliti Kualitas Aset Produktif (KAP) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) saja sehingga tidak memberikan bukti lebih lanjut mengenai variabel lain yang dapat mempengaruhi Return On Assets (ROA) pada Bank Pembangunan Daerah yang terdaftar di Bank Indonesia.

Kata kunci : Kualitas Aset Produktif (KAP), Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Return On Assets (ROA).


Ketersediaan

SKR–MNJ 77 2012SKR–MNJ 77 2012CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR–MNJ 77 2012
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
109 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009021045
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya