No image available for this title

Skripsi

Analisis return on asset (ROA), return on equity (ROE), dan net profit margin (NPM), terhadap return saham pada industri logam dan sejenisnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)



Pembimbing : M.S Panggalo
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM) terhadap return saham pada industri logam dan sejenisnya yang ada di Bursa Efek Indonesia secara parsial. Penelitian ini akan menguji secara hipotesis efek parsial dari informasi yang di dapat dari Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM) terhadap return saham pada industri logam dan sejenisnya yang ada di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelompok industri logam dan sejenisnya yang ada di Bursa Efek Indonesia selama periode 2007-2010. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausal dan bersifat replikasi terhadap penelitian sebelumnya.

Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan dari 16 industri logam dan sejenisnya yang terdaftar di BEI diperoleh 9 perusahaan sampel. Data yang digunakan adalah data sekunder. Pengujian penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari 6 asumsi dasar yaitu uji Zero Expected Values, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji linearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hipotesis dalam penelitian ini akan dibuktikan dengan uji statistik, sebagai contoh Uji T (parsial).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Return on Asset (ROA) tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham secara parsial dimana thitung < ttabel (0,136 < 2,040), Return on Equity (ROE) tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham secara parsial dimana thitung < ttabel (0,037 < 2,040), dan juga Net Profit Margin (NPM) tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham secara parsial dimana thitung < ttabel (-0,101 < 2,040). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM) secara parsial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap return saham. Disarankan untuk penelitian selanjutnya ditambahkan variabel lain dan lebih banyak observasi data (n) untuk sampel penelitian yang baik.

Kata Kunci : Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), dan Return Saham.


Ketersediaan

SKR–MNJ 69 2012SKR–MNJ 69 2012CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR–MNJ 69 2012
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
103 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2008021082
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya