No image available for this title

Skripsi

Pengaruh variabel anteseden perilaku auditor internal dan konsekuensinya terhadap kinerja auditor (studi empiris pada kantor akuntan publik di Daerah DKI Jakarta)



Pembimbing : Rechiwati
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Variabel Anteseden Perilaku Auditor Internal dan Konsekuensinya terhadap Kinerja Auditor Pada Kantor Akuntan Publik di DKI Jakarta. Variabel Anteseden yang digunakan yaitu Budaya Organisasi (X1), Komitmen Organisasi (X2), dan Kompleksitas Tugas (X3 ).

Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif kausal. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 17 Kantor Akuntan Publik di Jakarta dengan jumlah auditor sebanyak 61 orang. Jumlah kuesioner yang disebar 80, dari jumlah tersebut yang kembali dan valid sebanyak 71 eksemplar dan yang bisa diolah berjumlah 61 kuesioner. Pada penelitian ini penulis menggunakan program SPSS versi 15.00 sebagai alat bantu dalam melakukan uji normalitas data, uji asumsi klasik, deskriptif statistik, analisis korelasi dan regresi, uji hipotesis dan koefisien determinasi secara simultan dengan taraf nyata 5 % ( 0,05 Hasil penelitian ini dari Budaya Organisasi (X1), Komitmen Organisasi (X2), dan Kompleksitas Tugas (X3 ) Pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja auditor dengan didapatkan uji regresi statistiknya thitung = 11,688 > ttabel (0,025 ;57) = 2,002, dengan nilai signifikan ( probabilitasnya ) sebesar 0,019, ini menunjukan nilai ini lebih kecil dari tingkat signifikansi yang digunakan yaitu, 0,05

Sementara untuk uji koefisien determinan secara simultan gandanya antara Budaya Organisasi (X1), Komitmen Organisasi (X2), dan Kompleksitas Tugas (X3 ) didapatkan kontribusi sebesar 37,8 % sedangkan sisanya 62,2 % merupakan faktor lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini.

Keterbatasan penelitian ini adalah tidak dimasukkannya faktor-faktor lain yang mempunyai pengaruh terhadap Kinerja Auditor. penelitian ini hanya menggunakan tiga jenis variabel sebagai ukuran untuk melihat Kinerja Auditor yaitu pengaruh Budaya Organisasi (X1), Komitmen Organisasi (X2), dan Kompleksitas Tugas (X3 ), obyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kantor Akuntan Publik di DKI Jakarta sebanyak 17, sehingga tidak dapat digunakan sebagai dasar generalisasi.

Diharapkan penulis lain dapat melakukan penelitian mengenai variabel lain yang mungkin dapat mempengaruhi tingkat Kinerja Auditor.

Kata kunci : Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, dan Kompleksitas Tugas, Kinerja Auditor


Ketersediaan

SKR-AKT 84 2012SKR-AKT 84 2012CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 84 2012
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
99 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2007031162
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya