No image available for this title

Skripsi

Pengaruh return on asset (ROA), return on equity (ROE), earning per share (EPS), dan debt to equity ratio (DER), terhadap harga saham pada perusahaan dagang di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009-2011



Pembimbing : Syahril Muchtar
Abstrak
Harga saham merupakan faktor yang sangat penting dan harus diperhatikan oleh investor dalam melaksanakan investasi, karena harga saham menunjukkan nilai suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh serta bentuk hubungannya antara Return On Asset, Return On Equity, Earning Per Share dan Debt to Equity Ratio terhadap perubahan harga saham perusahaan dagang yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Dalam penelitian ini digunakan data observasi sebanyak N = 36, dari 41 perusahaan dagang di Bursa Efek Indonesia yang dipilih dengan cara purposive sampling. Hasil dari pengujian hipotesis pertama dengan perhitungan uji signifikansi regresi parsial ROA terhadap harga saham menunjukan bahwa nilai thitung 2,475 > ttabel 1,9955, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Perhitungan uji signifikansi regresi parsial ROE terhadap harga saham menunjukan bahwa nilai thitung 3,905 > ttabel 1,9955, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Perhitungan uji signifikansi regresi parsial EPS terhadap harga saham menunjukan bahwa nilai thitung 8,684 > ttabel 1,9955, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Perhitungan uji signifikansi regresi parsial DER terhadap harga saham menunjukan bahwa nilai thitung -0,052 < ttabel -1,9955, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi antara Return On Asset, Return On Equity, Earning Per Share, dan Debt to Equity Ratio memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap harga saham. Hasil dari pengujian hipotesis kedua dengan perhitungan uji signifikansi regresi berganda menunjukan bahwa nilai Fhitung (29,237) > Ftabel (2,51) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi antara Return On Asset, Return On Equity, Earning Per Share, dan Debt to Equity Ratio memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap harga saham.

Dari penelitian ini hanya menguji empat buah variabel saja yang diduga berpengaruh terhadap harga saham, sehingga tidak memberikan bukti lebih lanjut mengenai variabel lainnya yang juga mempengaruhi harga saham perusahaan dagang di Bursa Efek Indonesia.

Kata kunci : Return On Asset, Return On Equity, Earning Per Share, Debt to Equity Ratio, dan Harga saham.


Ketersediaan

SKR-AKT 71 2012SKR-AKT 71 2012CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 71 2012
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
92 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2008031011
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya